Minggu, 15 Maret 2009

Journal 05: Fresh Graduate yang Kecewa (Kompas 15/03/09)


Ini surat pembaca di kolom psikologinya kompas. Menurut saya ada hikmah yang bisa saya ambil dan sekaligus pembelajaran sebelum menghadapi dunia kerja.
Saya adalah lulusan terbaik Sarjana dari jurusan terfavorit di Universitas terkemuka di Indonesia. Sekarang sudah 6 bulan dari tanggal wisuda saya dan saya masih belum mendapatkan pekerjaan yang saya impi-impikan. Pekerjaan yang saya inginkan adalah bekerja di perusahaan yang memiliki reputasi baik di masyarakat, merupakan bidang yang saya minati dan tentu saja memberikan penghargaan yang layak. Selama ini bukannya saya tidak pernah di terima kerja, tapi semua employer tidak mampu memberikan apa yang saya inginkan. Selalu saja ada yang kurang sehingga saya hengkang. Saya terkejut dengan kenyataan bahwa gaji yang mereka tawarkan selalu lebih rendah dari UMR. Padahal beban kerjanya 6 hari seminggu dan 8 jam sehari. Saya sangat kecewa dan tertekan. Susah payah saya lulus kuliah tetapi tidak sebanding dengan fasilitas yang saya dapatkan!


Psikologi Kompas Menjawab :
1. Sikap hidup dan sikap mental anda harus diperbaiki. Menghadapi situasi yang serba sulit seperti sekarang ini anda harus bersyukur masih bisa mendapatkan pekerjaan walaupun tidak sesuai dengan yang anda impikan. Banyak pekerja saat ini bekerja hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup. Dengan menyadari dan mensyukuri apa yang anda terima, anda akan lebih sabar dalam menjalani kehidupan anda.
2. Situasi perekonomian sedang sulit, sampai maret 2009 saja sudah 30.000 karyawan di PHK. Yang terpenting adalah anda harus masuk dan berkompetisi karena hanya cara itu yang membuat anda dapat bertahan.
3. Selain itu anda juga dapat mengembangkan imajinasi dan pikiran anda untuk secara kreatif melihat peluang yang muncul, seperti membuka usaha sendiri
4. Akhir kata tekuni saja apa yang ada di depan mata anda saat ini.





0 Comments:

Posting Komentar

 
;