Selasa, 24 Maret 2009

Meraih Cita-cita Di Negeri Belanda


Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sedang mempertimbangkan kira-kira kemana "jujugan" kamu untuk kuliah setelah lulus SMA atau mungkin ingin ambil S2 atau S3, tapi kemudian bingung dengan berbagai macam perguruan tinggi yang ada di Indonesia saat ini. Atau mungkin ada juga diantara kalian yang merasa gak cukup puas dengan perguruan tinggi di Indonesia? Wajar juga sih, sarjana yang nganggur di Indonesia bejibun. Nah di Abad high-tech macam kayak sekarang ini, stop hanya melihat sekitar kita aja, coba deh perluas cara pandang kalian. Hmm gimana kalau kuliahnya di luar negeri aja??!
Eiitt jangan bilang kalau yang bisa kuliah di luar negeri cuma Acha Septriasa aja, anything possible koq asalkan kita ada niat dan semangat untuk mewujudkannya.


Kendala Kuliah Di Luar Negeri
Kuliah di luar negeri memang identik dengan biaya kuliah yang tinggi belum lagi kendala bahasa. Syarat menguasai bahasa Ingris memang sudah tidak bisa di tawar2 lagi, karena Cuma dengan bahasa Inggris kita bisa berkomunikasi dengan masyarakat dunia. Tapi kalau kuliah di luar negeri biaya tinggi tidak terjangkau alasan ini tidak selalu benar.
Kuliah S1 di Negeri Kanguru alias Australia, kamu harus merogoh kocek antara 108-269 juta per tahun untuk s2 berkisar 126-314 juta per tahun, kuliah S1di Inggris dalam satu tahun rata-rata menghabiskan
130-445 juta per tahun sedangkan S2 berkisar 131-427 juta per tahun. Jangan keburu pingsan dulu deh, infonya belum selesai nich!
Dua negara diatas memang favorit sebagai tujuan pelajar Indonesia, tapi biaya yang dikeluarkan emang terlihat "insane". Lalu ada gak negara yang biaya kuliahnya terjangkau? Jawabnya Belanda.

Belanda, favorit baru tujuan belajar

Keliling Kota Naik Trem

Belanda memiliki keterkaitan historis dengan negara kita Indonesia, dan sekarang Belanda menjelma menjadi salah satu negara maju yang memiliki penguasaan yang baik terhadap ilmu dan teknologi. Kuliah di Belanda bukan barang baru bagi sebagian pelajar dari Indonesia dan dewasa ini Belanda juga semakin membuka diri terhadap pelajar dari seluruh dunia sehingga Belanda layak disandingkan dengan Negara-negara seperti Amerika, Inggris dan Australia. Kuliah di Belanda relatif lebih murah daripada kuliah di negara maju lainnya, untuk S1, butuh biaya Rp34–102 juta per tahun dan S2 Rp73–219 juta per tahun. Menarik bukan?


1001 Alasan Berkuliah di Belanda
Ada banyak alasan buat kamu untuk mempertimbangkan Belanda sebagai Negara tujuan belajar :


Salah satu gedung di sudut Negara Belanda

1. Pendidikan tinggi Belanda bereputasi Internasional

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang pernah studi di universitas atau institusi pendidikan tinggi Belanda memiliki kinerja yang sangat baik di manapun mereka berada. Untuk negara kecil seperti Belanda, orientasi internasional, termasuk pendidikan dan pelatihan merupakan keharusan untuk dapat bertahan di tengah arus dunia yang semakin internasional.

2. Belanda Negara Multikultural
Masyarakat Belanda begitu heterogen karena selama berabad-abad berbagai jenis suku bangsa telah tumbuh dan berkembang disana. Bahkan warga kota Amsterdam 40% adalah pendatang dari negara lain. Kondisi ini membuat masyarakat Belanda sangat terbuka dengan perbedaan dan memungkinkan kita untuk mudah melebur dan beradaptasi dengan lingkungan baru disana.

3. Tidak Perlu Menguasai Bahasa Belanda
Kalau kuliah di Jerman atau di Jepang mewajibkan kita untuk bisa berbahasa nasional mereka, hal ini berbeda dengan Belanda. Belanda merupakan negara non berbahasa Inggris pertama yang menawarkan program studi berbahasa Inggris. Lebih dari 1300 program studi internasional untuk berbagai bidang ditawarkan oleh pendidikan tinggi Belanda.
4. Biaya Hidup yang lebih murah
Biaya hidup di kota Amsterdam dan kota-kota lain di Belanda lebih rendah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di dunia seperti New York, London, Paris dan Beijing.


Dari Belanda bisa kemana-mana keliling Eropa

5. Letaknya di tengah Benua Eropa
Artinya sangat memungkinkan kita untuk menjelajah keliling Eropa. Brussels, Paris, Berlin bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api. Atau mau nonton pertandingan liga Spanyol di Madrid? Cukup penerbangan singkat dari Amsterdam. Kerja sama Belanda dengan 15 negara lain di Eropa memungkinkan kita untuk berpergian lintas negara tanpa harus mengurus visa. Asik kan!?

6. Negara Tujuan Beasiswa
Di Belanda kita akan menemui banyak saudara-saudara setanah air maupun juga sesama pelajar sehingga akan mempercepat adaptasi kita. Terlebih lagi di Belanda banyak juga restoran Indonesia sudah tersebar luas.Ini semua membuat kita seperti ada di kampung halaman, Indonesia.

7. Negara Tujuan Wisata
Belanda adalah negara yang memiliki banyak tempat-tempat menarik dan merupakan favorit pelancong dari seluruh dunia. Jika singgah di Kota Den Haag akan dijumpai gedung parlemen disana. Selain itu anda dapat mengunjungi pantai Scheveningen yang selalu dipadati pengunjung dimusim panas, juga anda dapat melihat miniatur Negeri Belanda di 'Madurodam '.

Jadi Bagaimana makin terpikat untuk studi di Belanda? Oke sebelum kamu berangkat kuliah di luar negeri ada baiknya kamu baca dulu tips berikut agar bisa berkuliah dengan aman dan nyaman:

Siapkan Mental dan Kemampuan Memasak
Kedua persiapan ini tidak kalah penting daripada persiapan terkait biaya. Bagaimana pun juga dengan studi di luar negeri maka kita akan dihadapkan dengan situasi yang baru dan berbeda. Kita telah menjadi bagian dari komunitas global. Namun kita tidak perlu minder, mengingat sebenarnya kita semua memiliki kemampuan yang sama dengan pelajar-pelajar negara lain.Selain itu penting juga untuk membekali diri dengan kepintaran memasak, mengingat dengan memasak makanan sendiri kita tidak perlu repot mencari restoran yang sesuai dengan lidah kita plus kita juga bisa berhemat.

Selamat Menjadi Bagian dari Komunitas Global Dunia...

Image Source:
[1] gardaguru.blogspot.com

[2] Javier Herranz di www.panoramio.com
[3] hovfijver di www.panoramio.com
[4] Map Holland di www.earth.google.com


Referensi:
[1] Merantau Wiki
[2] www.nesoindonesia.com
[3] www.denpatrol.com

10 Comments:

Anonim mengatakan...

hm..
belanda memang menarik, selain dari pada banyak beasiswa yang ditawarkan, dan juga potensi pengembangan ilmu yang cukup bergam, belanda memang pantas dijadikan salah satu negeri tujuan studi lanjutan....

kalau aku sih.. mungkin lebih comfort di negeri sendiri...

tapi kalau ada tawaran??
why not...


-ephy-

Anonim mengatakan...

great writing, ndik..

tulisanmu makin mantabb aja neh. jadi semangat mau cari beasiswa ke LN.

keep posting, guys..

abhiem

Andik mengatakan...

Trimakasih udah mampir :)
@ephy: yang penting baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri sama sama punya iktikad untuk ikut andil dalam membangun Indonesia. hehe..

@abhiem: yes bro! banyak peluang nih buat ke LN bukan cuma mimpi-mimpi di siang bolong belaka.

Anonim mengatakan...

Waah, serius nih? Mo ke Belanda?! Boleh lah!! Tips nya tambahin dong: Siapkan tabungan... yah just in case if there's problem when u live there, even u get scholarship savings is a must!!

Andik mengatakan...

@awan: in case tulisan ku ini menang mas Awan, hehehe..yap! good point punya tabungan emang bikin keadaan slightly better. tapi kerja part time di Belanda juga possible banget Sob :)selain generate income buat uang saku kita disana, kita juga bisa aktualisasi.
BTw kabar burung mengatakan dafik,temenku,sepupunya Sani, lagi medical check up buat ke total indonesie just same as you Bro! dia kayaknya resign dari PWC

Anonim mengatakan...

Belanda.. potret sebuah negeri multikultural yang liberal tapi menarik, mungkin ada sepintas potret Belanda yang sempat saya tangkap dari beberapa fragmen novel Andrea Hirata, atau cerita dari saudara dan teman, kalau saya disuruh pilih sih lebih pilih ke UK daripada Holland, tapi kalo belajarnya gratis bolehlah :) oiya untuk beasiswa di belanda tidak sesusah kalo ke UK atau US koq, peluangnya jauh lebih terbuka, yang penting rajin-rajin browsing dan semangat belajar :)

Anonim mengatakan...

oiya ndik tadi yang nulis aku :)

-dimas_samidh-

Andik mengatakan...

Halo Bang Samid, mampir juga ente? how's ur flight? hehe..ya bener banget terimakasih atas infonya Sob! yang jelas kalau IBM kasih jatah kamu studi ke luar jangan lupa leh-olehnya lah :)

ella mengatakan...

wahhh belanda???
mau..mau..mau...hehe
moga mas bisa melanjutkan kul disana...amien..
gud lak yah mas And....semangat2!!!

Andik mengatakan...

Halo Non El, mampir juga akhirnya..i've been waiting lho! heheh..yang belanda ini cuma summercourse koq. Kamu juga bisa Non, jadi dosen aja, lagi rame dosen dikuliahin abroad. USAID atau semacamnya itu bisa kasi chance buat kamu sekolah di luar. Semangat juga deh :)

Posting Komentar

 
;