Rabu, 07 Desember 2011

20 jam di KA Gajayana


Ini adalah oleh-oleh dari perjalanan 20 jam Malang-Jakarta yang aku tempuh dengan menumpang KA Gajayana. Normalnya perjalanan ini ditempuh 'hanya' 14 jam saja, namun kemarin disebabkan ada kereta anjlok diseputaran Madiun sehingga KA Gajayana tidak dapat bergerak selama kurang lebih 3,5 jam lamanya.

Yang menarik dari perjalanan tempo hari adalah percakapanku seputar audio dengan seorang Bapak bernama Willy. Semua berawal dari "Senheisser". Awalnya aku tidak terlalu 'akrab' dengan Pak Willy ini. Namun semuanya berubah ketika saya mengeluarkan PX 80 dan MP3 player.
Pak Willy sontak berucap "Wuahh itu PX 80 ya Mas! yang 600ribuan itu bukan?". Saya jawab "Iya Pak ini PX 80, tapi bukan yang 600ribuan, ini 400an koq". " Bapak koq paham?" "Saya penggemar audio, Mas". Lalu sekonyong-konyong keluarlah Sennheiser HD 202 yang legendaris itu dari saku tas kecilnya. Dan suasana pun langsung cair.

PX 80

HD 202

Kami lalu berbincang seru mengenai audio. Aku memang pendatang baru di belantika per-audio-an, untungnya aku pernah baca majalah "hi-fi" sehingga tidak terdengar newbie banget didepan senior macam Pak Willy. Beliau menceritakan bahwa dia memakai software khusus yang bisa meningkatkan kualitas audio dari mp3 player yang standar. Dia lalu memintaku untuk memakai HD 202-nya lalu terdengarlah sebuah alunan instrumen yang super bening dengan kualitas detail audio yang ciamik. awalnya aku kira itu karena kualitas dari headset HD 202 yang membuat suaranya begitu mantab dikuping, namun Pak Willy menjelaskan bahwa headset itu hanya salah satu penyebab suara bening tadi. Ada satu software yang dibenamkan dalam MP3 player-nya (merk Sansa) yang beliau unduh gratis di situs "rockbox.com". Situs ini menyediakan software yang jika dibenamkan di mp3 player dan setelah di"tuning" dengan benar, maka kualitas audio Ipod paling anyar-pun bukan lagi saingan!

Kami lalu berbincang mengenai keluarga, beliau juga tertarik dengan Blog saya ini (karena saya juga sempet ngutak-atik blog disela-sela perjalanan tersebut). Overall perjalanan 20 jam tersebut berasa tidak membosankan sama sekali :)

Berbeda dengan dua kawan yang juga ikut perjalanan 20 Jam ini. Lihat saja
Ini masih 2 jam di awal perjalanan
Memasuki 10-20 jam perjalanan 

Hehehe... :))

0 Comments:

Posting Komentar

 
;