Rabu, 31 Desember 2008

Menutup Tahun 2008


Pagi ini aku buka mata dan aku langsung teringat, hey!last day in 2008 ! !
Yang awalnya agak lemes-lemes atau gak bersemangat jadi langsung punya gairah baru, yang jelas masak menutup taun 2008 dengan underachieving ?!. Outlook ku hari ini sich beresin revisi yang dari jurusan, coz ternyata yang dari Kejayan gak ada revisi blas!. Syukur-syukur bisa diserahin ke dosen, yah ngapain lagi sich berlama-lama dengan tugas-tugas macam gini, dah bored banget di kampus!

Review 2008

2008 buat ku bener-bener tahun pembelajaran, taun yang bener-bener menuntut perubahan diri menjadi lebih bijak, lebih dewasa, dan lebih tau prioritas. Semenjak dinyatakan graduated dari Kejayan Factory bulan November kemaren, aku banyak menemukan perbaikan, banyak menuai ilmu baru. Ya gak melulu terkait manufacture, atau dairy indsutry tapi juga about filosofi hidup, tentang kelemahan diri. Yang jelas beruntung banget aku berada di bawah bimbingan Bpk. Zaenul Muttaqien (QA Dept.) karena selain ngasi arahan terkait project, beliau juga senang melakukan perbaikan, kritik dan saran buat kemajuan anak buahnya. Salah satu hal yang menurut aku sarannya "kena banget" adalah terkait tentang Willingness. Sesuatu yang entah knapa agak kurang dari aku di mata Bapaknya!

"Andik, saya koq tidak melihat kamu memiliki eager tooler? kamu selama project hanya menyelesaikan apa yang project minta ke kamu tapi kenapa tidak kamu coba untuk menggali lebih!do something else, sehingga kamu tidak hanya paham tentang project kamu saja, tapi juga punya pengalaman lain!"


Jujur aja sich di beri waktu 3 bulan buat implementasi sistem yang sama sekali brand new knowledge buat aku jelas butuh extra kerja keras. Apalagi dengan very limited guidance yang diprovide ma orang-orang di Kejayan!ya akhirnya aku bener-bener gak melakukan hal lain selain project

Tapi justru ini turning point buat aku, aku akhirnya bisa mengukur kemampuanku dalam beradaptasi ke lingkungan baru, aku juga bisa mengukur bagaimana aku berinteraksi, problem solving dan bekerja di bawah tekanan. Dan hasilnya sich memang belum menggembirakan, meski projectku sukses dilapang tapi aku sendiri masih ngerasa kalau i can do even better.
Yang jelas graduated dari Kejayan aku ngerasa jadi punya spirit baru, punya eager baru, dan punya target-target buat di achieve (Selama ini punya target tapi gak pernah achieve)hahaha..


Cari Duit via Perlombaan
Oya saya juga akan membagi sedikit mengenai tahun 2008 yang telah saya lewati, yang paling menarik juga adalah kegemaran baru saya yang lagi demen ikut lomba (ya lomba apa aja). Sebenarnya ini diawali dengan banyaknya tempelan pengumuman lomba di seputaan Brawijaya yang membuat saya jadi tergelitik dan akhirnya iseng-iseng ikut-ikutan lomba. Yang saya pilih jelas lomba yang gak butuh biaya pendaftaran, hehe..alasan ekonomis!. Lomba pertama saya adalah menulis surat untuk Pak Rektor, hmm namanya juga newbie dan iseng pula walhasil saya pulang dengan tangan hampa.
Tapi saya yakin koq waktu itu inget sama petuah kuno "Sebenarnya pintu-pintu rejeki itu dibuka dari segala arah, tapi yang menyebabkan banyaknya orang miskin saat ini adalah tidak cukup pengetahuan untuk mengakses pintu tersebut"

Nah berbekal semangat dan nekad saya ikut lagi lomba karikatur, hehehe, padahal gambar saya itu jelek banget loh!liat aja di sini [kartun babulu]..tapi lumayan loh dapet Rp. 75.000. Dikurangi beli kertas A4 Rp.1000, dengan waktu pembuatan sekitar 1 hari (kebanyakan cari ide) gmana?intinya buat para pengangguran, yang penting jeli melihat situasi. Diluar sana ada banyak uang beredar, tinggal bagaimana kita mengailnya!! hehe..

Kapan Lulus ??
Selama tahun 2008 bahkan ampe 2009, kata-kata ini bakal sering aku dengar
Buat beberapa kawan yang kebetulan mahasiswa semester akhir, pasti ngerasa sensi banget ditanyain begini-an!! ya kan aku juga awalnya gitu . Apalagi cewek sendiri juga sering banget nge"push" aku buat segera lulus, atau juga getting frustated cowoknya gak lulus-lulus. Hmm..yang jelas siapa sich yang gak pengen lulus, kyknya semua pengen dech! tapi kalo kemudian ampe semester tua belum lulus, jangan melulu underestimated!!
Kenapa? good question! karena tidak bisa dunk dipukul rata mana yang belum lulus karena males, mana yang "punya alasan khusus untuk belum lulus"! Maksud mu? oke begini, kadang kebanyakan kita melihat kuliah tu gak perlu lama-lama, semakin cepat semakin baek, oke itu 50% benar!tapi dengan kuliah katakanlah 4tahun,itu artinya kamu gak punya banyak waktu luang. Kuliah mu kayak dikompress a.k.a di"Zip" dan kamu cuma berorientasi studi. Padahal lulusan terkini dituntut mahir gak cuma di bidang akademis, tapi juga sosial. I mean, networking, lobbying, planning, organizing, controlling, dan lain-lain adalah ilmu yang gak kamu dapet di saat jam kuliah, itu ilmu ang didapet saat berorganisasi atau juga mungkin magang di perusahaan.Dan itu semua gak bisa dilakukan dalam kurun waktu 4tahun saja. To the POint aja, silahkan lulus lama asalkan isi dengan hal berkualitas, banyak koq contoh-contoh lulus cepet tapi saat berkarir kalah dengan aktivis, tapi juga memang Idealnya balance, hehe gak kayak saya
Oke pembaca yang budiman untuk menutup postingan saya kali ini ijinkan saya mengutip kata-kata yang semuga bisa menginspirasi kita semua, it's about time management..
" kalau anda ingin menikmati salah satu kenikmatan dalam hidup, kenikmatan memiliki cukup waktu, maka ambil cukup waktu untuk berpikir dan merencanakan sesuatu sesuai derajad kepentingannya. Hidup anda akan berada dalam situasi yang berbeda, anda akan menambah tahun-tahun baru kedalam kehidupan anda, dan anda juga lebih hidup. So Controlling time wisely to satisfy life value!" Benjamin Franklin


2 Comments:

Anonim mengatakan...

It was not just about how long you spend the time, but how much added value that you get from the time you spend.. :)

Andik mengatakan...

Indeed Mr. Dimas! Indeed..Glad to see you in my bLog Bro :D

Posting Komentar

 
;