Minggu, 21 Desember 2008

Plurk.com[satu lageee yang baru..yang baru]


Mungkin buat beberapa orang seperti toser ato semplon yg udah lebih dahulu menjadi plurk-ers, plurk samasekali bukan hal baru. Tapi mungkin banyak diluar sana yang bingung atau gak ngeh sama widget satu ini.
Seperti di postingan saya tentang social networking terdahulu[link], kali ini saya mengulas sedikit pengalaman saya menggunakan plurk. Plurk tidak jauh beda dengan twitter,intinya adalah menampilkan kegiatan kamu agar bisa diketahui orang lain(temen2 kamu). Dan ternyata fitur-fitur terus berkembang sehingga gak cuma aktivitas kamu doank yang diketahui orang lain, tapi juga pemikiranmu, keluh-kesah mu, bahkan sampai share video maupun foto!ajib kan Atau mau lebih bombastis(dengan catetan dah punya banyak teman dan fans)kamu abis boker aja, asal kamu ketik di plurk, semua temen-temen dan fans mu juga bakal tau. Lhoh koq bisa???
baca terus aja...


Fitur Plurk
Pada awalnya cukup mumet juga memahami cara pengoperasian Plurk, si Isma aja ampe urung join plurk gara-gara kebingungan (padahal dia yang ngajakin saya lebih dulu).

1. Timeline
Jika dibandingkan dengan twitter, salah satu perbedaan paling mencolok adalah penggunaan timeline di plurk. Timeline ini akan memudahkan kita melihat secara global kegiatan temen2 kita (kegiatan disini yang dimaksud adalah tulisan macam shout terakhir yang dibikin teman kita. Teman adalah orang yang sudah kita invite terlebih dahulu). Ilustrasinya begini misalkan aku punya temen Robi, nah pada jam 10:00 Robi bilang "hai met pagi", atau bisa juga dia bilang "wahhh Malang banjirr!!!", nah saat aku login plurk entah jam 11, atau jam 13 aku bakal ngeliat di timeline, kata-kata si Robi itu tadi.


ini adalah screenshot dari plurk setelah kita login, perhatikan pada bagian berwarna biru, nah itu adalah timeline yang dimaksud.

Timeline ini juga akan memudahkan kita untuk melihat kabar terakhir teman kita satu hari kemaren, atau beberapa hari yang lalu. Biasanya sich, plurk-ers gemar banget nampilin kegiatan mereka terakhir. Misal "wuihhh Batu Night Spectacular keren banget" atau "hmmm Sate Pak Misdi mak nyuss" whatever sesuai kreativitas sodara!

2. Karma
Saya sendiri kaget betul waktu ada tulisan dideket profil saya. Karma dikira kena kutuk atau apa gitu, eh ternyata ini semacam rating dari plurk buat kita. Makin tinggi nilai karma maka makin tinggi rating kita di plurk. Karma ini juga yang bikin anda mau tidak mau harus rajin mengupdate plurk anda, jika tidak karma anda akan turun. Nah kalo turun kenapa? berhubung saya belum pernah turun jadi saya kasih tau aja kalo karma anda naek terus. Karma pada poin 40 an akan dikasi emoticon baru jadi tidak lagi standar, selain itu ada nick anda juga bisa diganti. Istilahnya ada semacam perlakuan khusus dari plurk untuk anda sebagai reward. Hmm, pinter juga akal-akalan plurk ini untuk menjaga agar user mereka setia mengupdate!

3. Shout
Kolom Shout di Plurk memakai format [nama kamu] [ mode] [isi]. Nama kamu akan diisi dengan nama account di plurk. Untuk mode itu bisa digonta ganti pilihannya is/wants/need/thinks/share dll. Kalau isi ya isi dari yang maw kamu tulis Sob!. Contoh shout saya kapan hari itu isinya begini: Andikababulu [says]maen bole kuliah jalan terus.

4. Video share, picture share
inilah yang bikin saya mandek di twitter dan pake plurk, di plurk kita bisa share foto, link bahkan video via link dari youtube. Proses nya sich simpel aja cuma ganti mode shout anda menjadi [shares] its easy!nice job plurk!!!

...wuah ngantuk juga...dah malem sich (23:15 WIB)


Kendalanya yang pada puyeng biasanya saat pertama kali masuk plurk, karena gak ngerti harus pada ngapain! ya toh Sob.
Yang jelas step secara sederhana adalah sebagai berikut :
1. Kamu coba lengkapin dulu profile kamu, selengkap-lengkapnya! lumayan biar karma ente nambah. Caranya dipojok kiri atas ada edit my profile. Tamabahin foto dan alamat blog/web biar makin asoyy!

2. Jangan lupa juga mulai mengisi shout ente, biar mulai ada tanda-tanda kehidupan. Kalau bingung isi aja "morning people" atau "soree semua" eitss jangan ampe salah pilih mode shout yah jangan sampe andikababulu [think] boring padahal yang tepat kan andikababulu [feels] boring. Atau kalau mau ganti pake bhs.Indonesia juga ada opsinya koq di bagian kiri bawah.

3. Invite temen-temen kamu, bisa dilakukan dengan cara menginvite via email, ataupun mengklik via url yang disiapin plurk buat fansmu. Kalo via email klik di bagian [friends] ada opsi invite nah trus kamu pilih [email invitation] masukin aja dech tu alamat email sobat-sobat mu. Oya buat penerima email dari plurk, kamu harus join dulu dengan plurk (kalo belum punya plurk) kalau udah punya cukup klik link yang ada dibagian bawah halaman awal plurk.com (halaman muncul setelah penerima email, membuka isi email dan mengklik link di email itu) agak ruwet yach!!well jangan patah semangat..

Mau tau plurk punya saya, silahkan [link].Saya tau dan sadar 200% postingan ini mungkin masih jauh dari sempurna atau malah bikin pembaca makin puyeng (gawat kalo gitu!), yah kalau ada dari pembaca yang kebingungan silahkan bertanya saja, InsyaAllah saya bantu sebisanya. well! have a nice sleep
YOur LifE on The Line, peOplE

0 Comments:

Posting Komentar

 
;